Jumat, 07 April 2017

#Pengantar Web Science - Web Dan Perilaku Pengguna/Interaksi Manusia Komputer

Web Dan Perilaku Pengguna/Interaksi Manusia Komputer

1.  Web Dan Perilaku Pengguna
A. Perilaku Navigasi
    Jadi, Navigasi dalam Web ini diperlukan oleh kita sebagai para pembuat situs agar para visitor kita tidak bosan saat mengunjungi web kita. Navigasi ini memiliki dua tipe, yaitu standar yang banyak ditemukan pada bagian atas atau footer yang bertujuan memberikan overview atau data penjelajahan. Tipe yang kedua yaitu advance digunakkan untuk menelusuri web namun lebih spesifik. Contohnya, kategori, pengarang dll.


B. Perilaku  Pencarian
    Fitur pencarian internal tentunya telah di desain dengan batasan tertentu. Ketika situs Anda tumbuh tentunya Anda akan semakin tahu pola pemakaian oleh pengguna. Termasuk di dalamnya adalah pola pencarian dalam rangka mendapatkan pengalaman terbaik dalam pemanfaatan situs dalam kasus seperti diatas kita ingin membandingkan 2 situs dimana kita liat dari navigasi dan pencarian yang terdapat didalam situs web tersebut.


2.  Web dan Perilaku Sosial     
     A. Web Merefleksikan Perilaku Sosial
     Melalui web, dapat membuat seseorang yang aktif dalam dunia maya cenderung eskapis (menjadi sebuah pelarian) dari dunia nyata melalui Internet. Sikap sosial sesorang pun dapat berubah karena pengaruh web.
      
     B. Web Mempengaruhi Perilaku Sosial
    Dengan adanya web, perilaku sosial seseorang dapat berpengaruh besar terhadap perilaku sosial seseorang. Dengan adanya tekanan dalam dunia maya maka dapat merubah kepribadian seseorang. Misal, seseorang yang sudah kena game online cenderung akan memilih berlama-lama di depan komputer untuk game online daripada sosialisasi dengan masyarakat, tetangga atau bahkan temannya sekalipun. Web pun dapat berdampak positif dan negatif terhadap perilaku sosial.

Dampak Positifnya :
1. Lebih cepat dan mudah dalam meyelesaikan pekerjaan dalam hal ini berarti membantu pekerjaan manusia
2. Dapat berkomunikasi dengan baik tidak peduli jarak dan waktu sehingga membuat manusia saling berinteraksi dengan mudah
3. Mudah mencari informasi serta berbelanja online pun dapat dilakukan

Dampak Negatif :
1. Munculnya banyak penipu yang memanfaatkan internet
2. Adanya plagiatisme
3. Munculnya banyak konyen-konten dewasa yang seharusnya tidak dilihat anak kecil dapat merusak mental

3.  Struktur Web
     A. Link Structure
Keuntungan struktur situs web yang dibuat dengan baik :
  • Dapat mengkomunikasikan pesan yang ingin disampaikan kepada pengunjung situs.
  • Pengguna situs web dapat dengan mudah memahami situs web.
  • Mudah untuk dikembangkan pada waktu yang akan datang, termasuk mengupdate suatu halaman situs jika diperlukan.
  • Dapat menurunkan biaya cost pengunjung situs.
     B. Small – World Network
    Small World Network adalah sebuah tipe grafik matematikal yang dari banyaknya simpul , namun tidak berhubungan dengan simpul yang lainnya (berbeda) , tetapi banyak nya simpul bisa menjangkau setiap simpul kecil lainnya. Khususnya, small-world network didefinisikan sebagai jaringan di mana L jarak antara dua node yang dipilih secara acak (jumlah langkah yang diperlukan) tumbuh secara proporsional dengan logaritma dari jumlah node N dalam jaringan.

     C. Social Network Sites
    Jejaring sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang dijalin dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dll. Analisis jaringan jejaring sosial memandang hubungan sosial sebagai simpul dan ikatan. Simpul adalah aktor individu di dalam jaringan, sedangkan ikatan adalah hubungan antar aktor tersebut. Bisa terdapat banyak jenis ikatan antar simpul. Dalam bentuk yang paling sederhana, suatu jaringan jejaring sosial adalah peta semua ikatan yang relevan antar simpul yang dikaji. Jaringan tersebut dapat pula digunakan untuk menentukan modal sosial aktor individu. Konsep ini sering digambarkan dalam diagram jaringan sosial yang mewujudkan simpul sebagai titik dan ikatan sebagai garis penghubungnya.

     D. Blogosphere
   Blogosphere adalah suatu interkoneksi antarblog yg tergabung dalam sebuah  domain dan domain tersebut tergabung dalam Internet,  Contohnya, Technorati, Top of Blogs, Blog Top Site termasuk juga dengan blog directory, sebuah blogosphere biasanya diklasifikasikan menurut jenis postingan, ada berupa blog berita, hobi, blog yg berisi tips dan trick dll.

4. Analisis Web
     A. Pengukuran Web
   Tentunya supaya web kita menjadi maksimal kita memerlukan beberapa tools/perngkat yang ada dalam web. Biasanya digunakkan untuk mengukur kecepatan akses atau banyaknya pengunjung yang mengunjungi web kita. Berikut ini ada 3 tools yang biasa digunakkan untuk mengukur web :

1.  PINGDOM TOOLS digunakkan untuk mengukur kecepatan untuk mengakses sebuah web.
2. GT METRIX digunakkan untuk menganalisa kecepatan web dan menampilkan hasil serta rekomendasi.
3. ALEXA RANK adalah perusahaan yang berbasis di California yang mengoperasikan situs yang menyediakan informasi mengenai banyaknya pengunjung suatu situs dan urutannya. Alexa Internet didirikan pada tahun 1996 oleh Brewster Kahle dan Bruce Gilliat. Cara kerja Alexa rank Alexa memberikan peringkat ke sebuah situs berdasarkan jumlah pengunjung unik. Semakin rendah alexarank dari situs berarti situs memiliki sedikit pengunjung unik.Jadi jika Anda bisa mendapatkan lebih banyak traffic ke situs Anda, Anda akan mendapatkan lebih rendah alexa rank.

     B. Crawler
  Crawler bertugas untuk mengindeks, membuat rangking, menyusun dan menata halaman dalam bentuk indeks terstruktur agar bisa dicari dalam waktu yang sangat cepat.

Cara Kerja Web Crawler
Web crawler atau yang dikenal juga dengan istilah web spider bertugas untuk mengumpulkan semua informasi yang ada di dalam halaman web. Web crawler bekerja secara otomatis dengan cara memberikan sejumlah alamat website untuk dikunjungi serta menyimpan semua informasi yang terkandung didalamnya. Setiap kali web crawler mengunjungi sebuah website, maka web crawler tersebut akan mendata semua link yang ada dihalaman yang dikunjunginya itu untuk kemudian di kunjungi lagi satu persatu.

     C. Search Engine
   Mesin pencari (search engine) adalah salah satu program komputer yang di rancang khusus untuk membantu seseorang menemukan file-file yang disimpan dalam computer, misalnya dalam sebuah web server umum di web (www) atau komputer sendiri. Mesin pencari memungkinkan kita untuk meminta content media dengan criteria yang spesifik ( biasanya berisikan prase atau kata yang kita inginkan) dan memperoleh daftar file yang memenuhi kriteria tersebut.

Cara Kerja Search Engine
   Mesin pencari web bekerja dengan cara menyimpan informasi tertang banyak halaman web, yang diambil secara langsung dari www. Halaman ini di ambil dengan web crawler-browsewr web yang otomatis mengikuti setiap pranala yang di lihatnya. Isi setiap halaman lalu dianalisis untuk menentukan cara mengindeksnya (misalnya kata-kata di ambil dari judul, subjudul, atau field khusus yang di sebut meta tag.
Contoh Search Engine : Google, Yahoo, Wikipedia, Bing, Msn, Altavista, Baidu

     D. Web Archives
    Pengarsipan web (Web Archiving) adalah proses mengumpulkan bagian dari WWW dan memastikan koleksi tersebut diawetkan dalam suatu arsip, misalnya situs arsip, untuk diakses peneliti, sejarawan, dan masyarakat umum pada masa datang.
Berikut Ini adalah Beberapa Contoh Layanan yg melayani jasa Web Archiving:

• Archive-it : Sebuah Layanan Pengarsipan Web Berlangganan yang memperbolehkan sebuah institusi Untuk Membangun, Me-Manage, dan Mecari Arsip web Institusi itu sendiri

• Archive.is : Sebuah Layanan Pengarsipan Web Gratis Untuk menyimpan Halaman dan berikut juga Gambar dari sebuah website tertentu. Dan bias menyimpan halaman dari Web 2.0.

• Iterasi : Sebuah Layanan Pengarsipan Web yang khusus untuk agensi pemerintahan, organisasi Finansial, brand heritage Dll.

5. Ekonomi Web
     A. Iklan
  Periklanan adalah sumber informasi bagi para konsumen dan sumber kekuatan pasar bagi para pengiklan.Periklanan telah dituduh merugikan masyarakat karena sepertinya ia lebih dari sekedar menjual produk-produk baru ia juga dapat membentuk kecenderungan dan sikap social secara kuat.Denagn intenet sebuah perusahaan dapat menyajikan kombinasi iklan ,informasi,dan hiburan yang berhubungan dengan produk mereka kepada konsumen.

Iklan Terhadap Pengaruh Ekonomi yaitu :
- Iklan sebagai kegiatan jual beli (untuk menyampaikan pesan, pengiklan harus membayar media yang dipilih).
- Memberi keuntungan kepada agen iklan.
- Membuka lapangan kerja.
- Iklan menjaadi salah satu bidang bisnis yang menjanjikan.
- Industri periklanan menjadi salah satu pilihan kerja yang menjanjikan.
- Seiring dicanangkannya industri kreatif, iklan menjadi salah satu profesi bergengsi.
- Saat krisis ekonomi 1998, industri periklanan merupakan satu-satunya industri yang cepat keluar dari keterpurukan.
- Meningkatkan pemasaran produk.

     B. Pencarian
   Pencarian pada ekonomi web pada umunya adalah melalui penjualan online. Penjualan online adalah melakukan aktifitas penjualan dari mencari calon pembeli sampai menawarkan produk atau barang dengan memanfaatkan jaringan internet yang didukung dengan seperangkat alat elektronik sebagai penghubung dengan jaringan internet.  

Pengaruhnya: 
Kehadiran e-commerce yang terus berkembang lambat laun akan merubah   kebiasaan bertransaksi sebagian masyarakat kita. Para produsen maupun konsumen akan terbiasa menjual maupun membeli produk dan jasa secara online ketimbang melangkahkan kaki ke outlet penjualan. Ruang dan waktu bukan lagi menjadi kendala. Sebuah perusahaan di Indonesia memiliki kesempatan yang sama dengan kalangan bisnis asing untuk menjalin kerjasama atau ingin mengakses pasar mancanegara.

     C. Online Auctions
    Online auction adalah mekanisme pasar dimana penjual menawarkan produk dan pembeli melakukan penawaran secara berurutan secara kompetitif hingga harga terakhir dicapai. Online auction menerapkan konsep dynamic pricing, yaitu harga yang berubah berdasarkan pada hubungan penawaran dan permintaan pada waktu tertentu.

Ada empat kategori utama dynamic pricing yaitu:
  • Satu pembeli, satu penjual
  • Satu penjual, banyak pembeli potensial
  • Satu pembeli, banyak penjual potensial
  • Banyak penjual, banyak pembeli
Manfaat dari Online Auction dibagi jadi 3 bagian, yaitu :

1. Manfaat bagi penjual :
  • Meningkatkan pendapatan dengan memperluas pasar dan mempersingkat waktu
  • Menetapkan harga optimal yang ditentukan oleh pasar 
  • Meningkatkan hubungan dan loyalitas pelanggan
2. Manfaat bagi pembeli :
  • Kesempatan untuk menemukan barang unik.
  • Hiburan bagi pembeli.
  • Pembeli bisar menawar dari manapun, bahkan dengan telepon selular.
3. Manfaat bagi Auctioner :
  • Pembelian yang lebih tinggi.
  • Pembeli cenderung untuk berkunjung lebih lama dan kembali lebih sering.
  • Ekspansi bisnis lelang.
Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Mendapatkan Host Name Dengan Java

Untuk mendapatkan host name melalui Windows cara yaitu dengan pergi ke Control Panel > System and Security > System untuk mengetahui...